Jumat, 24 Januari 2014

Rekomendasi Buku Tahun 2014


Mau baca apa ya tahun ini?

Tahun baru, buku baru! Lagi bingung mau baca apa tahun ini? Kebanyakan buku menumpuk ini di rak to-be-read? Mau baca buku yang buat kamu klepek-klepek? Atau buku yang buat adrenalin jadi terpicu kayak habis marathon 10 km? Jangan cemas karena kami sudah menyiapkan daftar buku-buku yang kami rekomendasikan! Tailored to suit all your needs. Di tahun 2014 ini, let's read more! :)

Kami sudah membagi berdasarkan genre buku yang mungkin kalian minati:

Untuk penggemar fantasi:

1. Cruel Beauty oleh Rosamund Hodge

Goodreads | belum diterjemahkan
Terinspirasi dari dongeng-dongeng klasik seperti Beauty and the Beast dan Blue Beard, Cruel Beauty adalah buku yang tepat bagi mereka yang mengharapkan tokoh utama yang cerdas dan alur cerita yang tidak biasa. Recommended terutama bagi fans fairytales retelling. Kisah yang gelap dan tokoh-tokoh yang memikat.

Dari Goodreads: Graceling meets Beauty and the Beast in this sweeping fantasy about one girl's journey to fulfill her destiny and the monster who gets in her way-by stealing her heart.

Based on the classic fairy tale Beauty and the Beast, Cruel Beauty is a dazzling love story about our deepest desires and their power to change our destiny.

Since birth, Nyx has been betrothed to the evil ruler of her kingdom-all because of a foolish bargain struck by her father. And since birth, she has been in training to kill him.



2. Vampire Academy oleh Richelle Mead 

Goodreads | sudah diterjemahkan
Serial asli Amerika yang sudah sangat populer juga di Indonesia. Di dunia VA, ada kasta-kasta tersendiri dalam dunia vampir. Ada Moroi yaitu vampir asli (minum darah, gorgeous appearance), Dhampir yaitu setengah vampir setengah manusia (kebanyakan menjadi bodyguard kaum Moroi), dan strigoi yaitu vampir yang sudah kehilangan akal sehat. Filmnya akan keluar tahun ini lho!

Dari Goodreads: SELAMAT DATANG DI AKADEMI ST. VLADIMIR

Di balik gerbang kokoh Akademi St. Vladimir terdapat rahasia besar. Akademi tersebut bukan sekolah berasrama biasa. Di tempat itu para vampir Moroi dididik dengan ilmu sihir, sementara para Dhampir—makhluk setengah vampir setengah manusia—dilatih untuk melindungi mereka.

Rose Hathaway adalah Dhampir yang bertugas melindungi sahabat karibnya, Lissa, seorang putri vampir dari kaum Moroi. Selama dua tahun mereka melarikan diri. Namun akhirnya mereka tertangkap lalu diseret kembali ke Akademi Vampir tersebut—yang sebenarnya merupakan tempat paling berbahaya...



3. The Night Circus oleh Erin Morgenstern

Goodreads | sudah diterjemahkan
Gee, this woman knows how to write. Kisah fantasi tentang sirkus yang menawarkan keajaiban setiap malamnya. Alurnya yang maju mundur mengharuskan konsentrasi penuh dari pembacanya. Sudah diterjemahkan, tapi secara pribadi kami lebih menyarankan versi Bahasa Inggrisnya. The author's writing is just, too beautiful too pass.


Dari Goodreads: Bersiaplah memasuki Le Cirque des Rêves. Jangan terlalu terkejut karena sirkus ini bukanlah sirkus biasa. Di sini kau bisa menemukan Labirin Awan, khayalan-khayalan yang menjadi kenyataan, sari apel terlezat di dunia, Pohon Permohonan, dan wanita cantik dengan gaun penuh untaian surat cinta.

Dalam Le Cirque des Rêves pula, Prospero sang Pesulap menjadikan Celia, putrinya sendiri, sebagai ajang taruhan. Prospero mengharuskan Celia untuk bertarung dengan Marco Alisdair, yang merupakan murid dari musuh bebuyutan sang Pesulap. Selama bertahun-tahun, Celia dan Marco berusaha saling menjatuhkan lewat berbagai wahana dan atraksi mendebarkan: panggung ilusi, raven, selubung sihir, api unggun seputih salju, dan binatang-binatang dari kertas.

Namun, kompetisi itu terhambat saat mereka perlahan-lahan saling jatuh cinta. Dan keduanya semakin kewalahan saat sesuatu yang jahat mulai mencelakai, bahkan membunuh orang-orang di sirkus, satu demi satu ....

 
 
Untuk penggemar dystopia (dunia masa depan yang hancur, kebalikan utopia):


4. Divergent oleh Veronica Roth

Goodreads | sudah diterjemahkan
Karakter yang keren, scene-scene yang bagaikan dibuat untuk film, dan cerita yang sangat thought-provoking. Sangat direkomendasikan! Banyak yang menganggapnya The Next Hunger Games. Movie-to-come tahun ini.

Dari Goodreads: Satu pilihan, menentukan apa yang harus kau percaya

Satu pilihan, memastikan siapa yang kau turuti, selamanya

Chicago, usai perang nuklir yang menghancurkan dunia. Pada usia 16, setiap orang harus mengambil pilihan yang akan menentukan seluruh jalan hidupnya.

Beatrice memilih meninggalkan Faksi Abnegation yang tanpa pamrih untuk bergabung dengan para pemberani di Faksi Dauntless. Meninggalkan orangtuanya, membuang namanya untuk hidup bersama faksi yang baru. Beatrice menjadi Tris, berharap menemukan jati dirinya bersama para Dauntless. Namun, Tris harus lulus inisiasi terlebih dulu agar bisa diterima. Tak ada jalan kembali. Tak lulus inisiasi berarti Tris akan bergabung dengan orang-orang yang terbuang. Hidup menggelandang.

Berhasilkah ia bertahan di komunitas yang kadang kebrutalan dianggap sama dengan keberanian?


5. Wither oleh Lauren DeStefano

Goodreads | sudah diterjemahkan
Kami tidak menyangka akan menyukai buku ini. It was such a nice surprise. Penulisan yang apik dan jalan cerita yang berbeda dari biasanya memenangkan hati kami. Kami bukan fans tokoh utamanya, tapi  kisah pencarian Rhine akan kebebasan terlalu sayag untuk dilewatkan. Plus, it has such a gorgeous cover.

Dari Goodreads: Inilah cara dunia berakhir. Bukan dengan ledakan, tetapi rintihan.

Dunia telah berubah. Semua negara telah musnah, kecuali Amerika Utara. Kemajuan ilmu pengetahuan telah menciptakan generasi tua yang tangguh, nyaris abadi, tetapi menghasilkan generasi berikutnya yang sangat lemah dan berusia sangat pendek. Dalam situasi ini, dunia menjadi berbahaya bagi para gadis. Gadis-gadis muda diculik dan dijadikan pengantin bagi para pemuda yang mampu membeli mereka dari para Pengumpul.

Seperti inilah yang dialami oleh Rhine. Dia terpisah dari saudara kembarnya dan dijadikan pendamping seorang Tuan Rumah kaya bernama Linden, terkurung di dalam sangkar emas, dunia penuh ilusi.

Namun, hanya satu yang dia dambakan: kebebasan. Dan apa pun yang terjadi, dia akan berusaha sekuat tenaga untuk mendapatkan kebebasan itu ....



Untuk pencinta fiksi kontemporer:

6. IF I Stay oleh Gayle Forman

Goodreads | sudah diterjemahkan
Sad and beautiful. Dwilogi tentang gadis yang kehilangan seluruh anggota keluarganya dalam kecelakaan, dan dalam kondisi koma harus memutuskan apakah akan tinggal atau pergi dari dunia. Filmnya juga akan muncul tahun ini.

Dari Goodreads: Mia memiliki segalanya: keluarga yang menyayanginya, kekasih yang memujanya, dan masa depan cerah penuh musik dan pilihan. Kemudian, dalam sekejap, semua itu terenggut darinya.

Terjebak antara hidup dan mati, antara masa lalu yang indah dan masa depan yang tidak pasti, Mia menghadapi satu hari penting ketika ia merenungkan satu-satunya keputusan yang masih dimilikinya---keputusan terpenting yang akan pernah dibuatnya.



7. The Fault in Our Stars oleh John Green

Goodreads | sudah diterjemahkan
A must read. Hilda's personal favorite. Kisah indah tentang pasangan muda yang sama-sama mengidap kanker. Love is never that tangible. Untuk alasan yang sama dengan The Night Circus, kami menyarankan membaca versi bahasa Inggrisnya. John Green, he is a whiz! Again, movie-to-come. *goyang goyang*

Dari Goodreads: Mengidap kanker pada umur 16 tahun pastilah terasa sebagai nasib sial, seolah bintang-bintang serta takdirlah yang patut disalahkan. Itulah yang dialami oleh Hazel Grace. Sudah begitu, ibunya terus memaksanya bergabung dengan kelompok penyemangat penderita kanker. Padahal, Hazel malas sekali.

Tapi, kelompok itu toh tak buruk-buruk amat. Di sana ada pasien bernama Augustus Waters. Cowok cakep, pintar, yang naksir Hazel dan menawarinya pergi ke Amsterdam untuk bertemu penulis pujaannya. Bersama Augustus, Hazel mendapatkan pengalaman yang sangat menarik dan tak terlupakan.

Tetap saja, rasa nyeri selalu menuntut untuk dirasakan, seperti halnya kepedihan. Bisakah Augustus dan Hazel tetap optimistis menghadapi penyakit mereka, meskipun waktu yang mereka miliki semakin sedikit setiap harinya?


8. Eleanor and Park oleh Rainbow Rowell

Goodreads | sudah diterjemahkan
I love your name. I don't want to cheat myself out of single syllable. Siapa yang enggak klepek-klepek dibilangin begitu? Dan kami juga tidak mampu menolak pesona Park, karakter super charming dari buku ini! Read this book and find out why.

Dari Goodreads: Set over the course of one school year in 1986, ELEANOR AND PARK is the story of two star-crossed misfits – smart enough to know that first love almost never lasts, but brave and desperate enough to try. When Eleanor meets Park, you’ll remember your own first love – and just how hard it pulled you under.


Untuk pencinta misteri dan thriller:

9. Gone Girl oleh Gillian Flynn

Goodreads | belum diterjemahkan
Psychological thriller at its best. Alur cerita maju mundur dari sudut pandang kedua pasangan suami istri, Nick dan Amy. Kenapa Amy menghilang? Sejak kapan hubungan Nick dan Amy berubah? Karakterisasi tokoh sangat kuat dan pembaca dibawa menebak-nebak seiring berjalannya cerita.

Dari Goodreads: On a warm summer morning in North Carthage, Missouri, it is Nick and Amy Dunne's fifth wedding anniversary. Presents are being wrapped and reservations are being made when Nick's clever and beautiful wife disappears from their rented McMansion on the Mississippi River. Husband-of-the-Year Nick isn't doing himself any favors with cringe-worthy daydreams about the slope and shape of his wife's head, but passages from Amy's diary reveal the alpha-girl perfectionist could have put anyone dangerously on edge. Under mounting pressure from the police and the media--as well as Amy's fiercely doting parents--the town golden boy parades an endless series of lies, deceits, and inappropriate behavior. Nick is oddly evasive, and he's definitely bitter--but is he really a killer?
As the cops close in, every couple in town is soon wondering how well they know the one that they love. With his twin sister, Margo, at his side, Nick stands by his innocence. Trouble is, if Nick didn't do it, where is that beautiful wife? And what was in that silvery gift box hidden in the back of her bedroom closet?



10. Stolen oleh Lucy Christopher

Goodreads | belum diterjemahkan
Beautiful writing. Kisah gadis Inggris yang diculik di bandara dan dibawa ke gurun pasir di Australia. Stockholm syndrome alert. (situasi di mana tawanan merasakan perasaan simpati pada penculiknya)

Dari Goodreads: It happened like this. I was stolen from an airport. Taken from everything I knew, everything I was used to. Taken to sand and heat, dirt and danger. And he expected me to love him.

This is my story.

A letter from nowhere.


Sixteen year old Gemma is kidnapped from Bangkok airport and taken to the Australian Outback. This wild and desolate landscape becomes almost a character in the book, so vividly is it described. Ty, her captor, is no stereotype. He is young, fit and completely gorgeous. This new life in the wilderness has been years in the planning. He loves only her, wants only her. Under the hot glare of the Australian sun, cut off from the world outside, can the force of his love make Gemma love him back?



Yup, ini adalah akhir dari daftar pendek kami! Later we promise that we'll bring you more book recommendations from even more genres! Silakan beri komentar jika sedang mencari rekomendasi buku dari genre lain, atau lebih banyak buku dari genre-genre di atas. Keep calm and read on! :)
 

                      & 

4 komentar:

  1. Wow..thanks for your recommendation. I keep postponing to read The Night Circus because it has lots of pages. But now, you really make me want to grab it soon.

    BalasHapus
    Balasan
    1. You really should read The Night Circus. It's simply magical. <3 I'm sure you're going to love it, Eka! :)

      Hapus
  2. Kebetulan sedang mencari rekomendasi novel dystopia, dan ada! Wah makasih :)

    BalasHapus

We love reading comments from our readers, so please leave us your thoughts! Kami akan selalu membalas komentar kamu di blog ini dan juga mengunjungi balik blog kamu. :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...