Jumat, 30 Januari 2015

Review dan Posting Bareng: Amy and Roger's Epic Detour oleh Morgan Matson {Secret Santa 2014}

Judul: Amy and Roger's Epic Detour
Pengarang: Morgan Matson
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tanggal Terbit: Juni 2014
Goodreads


Dari Goodreads:
Ayah Amy baru-baru ini meninggal karena kecelakaan mobil. Ibunya memutuskan pindah jauh untuk memulai hidup baru. Dan Amy harus menyusul ibunya dengan naik mobil... ditemani Roger.

Ia sebetulnya tak terlalu bersemangat, karena harus melakukan perjalanan panjang dengan cowok yang sudah bertahun-tahun tidak ditemuinya tersebut.

Perjalanan ini mungkin terasa canggung––terutama karena persahabatan mereka lantas berkembang ke arah baru. Tetapi, bersama-sama, Amy dan Roger akan menemukan jalan-jalan baru untuk melanjutkan hidup.

"Bacaan musim panas nyaris sempurna yang akan membuat pembacanya mendambakan perjalanan dan kisah cinta."
–– Publishers Weekly; Starred Review






Road trip! Saya sudah membaca cukup banyak buku Young Adult bertema road trip, tapi buku ini berhasil menjadi salah satu favorit saya. Alur yang cepat, detail-detail jalur yang Amy dan Roger ambil, serta foto-foto yang menghiasi halaman buku ini membuat saya seakan mengikuti perjalanan bersama mereka. Foto-foto tagihan hotel atas nama Amy, struk belanja, maupun makanan yang Roger dan Amy makan membuat kisah mereka tampak semakin hidup.

Amy and Roger’s Epic Detour mengisahkan perjalanan darat yang dilakukan oleh Amy dan Roger, dua orang yang terpaksa berkendara selama beberapa hari untuk mengantarkan mobil ibu Amy ke Connecticut. Bermula dari dua orang asing, perjalanan panjang itu membuat mereka menjadi semakin dekat satu sama lain. Bermalam di rumah pohon dengan ancaman beruang yang mungkin datang, melewati Jalanan Paling Sepi di Amerika Serikat, mencoba makanan khas berbagai negara bagian, serta mengunjungi kampus Roger di Colorado. Perjalanan itu tidak hanya membuat mereka dekat, namun juga mengajari Amy dan Roger tentang memaafkan diri sendiri dan membiarkan yang lalu pergi.

Hubungan Amy dan Roger yang perlahan-lahan tumbuh adalah salah satu poin yang saya apresiasi. Duka cita yang Amy hadapi setelah kehilangan ayahnya diuraikan dengan hati-hati. Meskipun kisah Roger tampak tidak begitu berat jika dibandingkan, cerita Roger behasil membantu Amy kembali membuka diri terhadap orang-orang sekitarnya. Mungkin satu-satunya yang saya sayangkan di buku ini adalah kurangnya dieskplor sisi ibu Amy dan suadara laki-laki Amy, Charlie, dalam menghadapi duka cita kehilangan sang ayah.

Penerjemahan buku ini sendiri saya anggap pas, tetapi typo yang membludak membuat saya sungguh-sungguh mengharapkan proofreader yang lebih hati-hati. Mengingat ini buku yang cukup tebal, saya maklum dengan typo di beberapa tempat, tetapi ketika typo ditemukan hampir di setiap halaman semakin mendekati akhir buku… saya jadi bingung apakah penerbit tidak melakukan cek ulang teks sebelum diterbitkan.

Amy and Roger’s Epic Detour adalah kisah yang menyenangkan dan dijamin membuat wanderlust semakin parah. Semakin saya membalik halaman, semakin juga saya ingin melompat ke dalam mobil dan melakukan perjalanan darat bersama teman-teman saya. Granted, we can explore United States in few hours with Amy and Roger. Buku ini saya rekomendasikan bagi pencinta Young Adult kontemporer, tetapi bagi yang berniat membeli terjemahannya, pastikan kamu tidak bermasalah dengan typo atau silakan tunggu cetakan kedua yang (diharap) sudah direvisi! 






 4 butterflies!
Bacaan yang ringan dan pantas untuk menghabiskan waktu. :)


 ***

Terima kasih kepada Santa Rendria yang sudah mengirimkan buku wishlist utama saya ini! <3 Teknik menemukan saya: ctrl+F daftar BBI-ers yang domisili Malang -> buka blog mereka dan lihat tanggal recent posts di blognya -> setelah ketemu yang cocok, crosscheck di daftar Santa. Done!

Cara di atas hanya dapat digunakan karena tidak banyak BBIers Malang. Tapi mengingat saya enggak jago riddle, maaf ya kalau salah Santa hihi. Nanti saya update kalau salah -> shameless. Maaf atas keterlambatan posting, and I hope everyone had a wonderful day today! :)

PS: X saya sepertinya sudah tahu saya sejak minggu lalu karena dia follow saya di Twitter tiba-tiba. Still waiting for her post! :P 


4 komentar:

  1. simpel banget nemu Santanya ya, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya hehe. Tapi senang juga sih karena enggak sulit x)

      Hapus
  2. Kayak nya penemuan santa yang paling sederhana adalah hilda. Anak2 pada minta sesepuh untuk membantu memecahkan riddle.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak, pahala anak saleh riddlenya gampang. #eh Tahun depan mau minta riddle yang susah biar perlu sesepuh :P

      Hapus

We love reading comments from our readers, so please leave us your thoughts! Kami akan selalu membalas komentar kamu di blog ini dan juga mengunjungi balik blog kamu. :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...